Ketua DPRD Provinsi Jambi Sambut Kunjungan Wakil Konsulat Amerika

oleh -5 Dilihat

Jambioke.com- Ketua DPRD Provinsi JambiEdi Purwanto menerima kunjungan Wakil Konsul bagian Ekonomi dan Politik untuk Konsulat Amerika di Sumatera, Suraj Mungara, Kamis (28/3/2024) di ruang kerja Ketua DPRD Provinsi Jambi.

Pada pertemuan ini, Edi Purwanto memaparkan terkait dengan tugas dan fungsi DPRD sebagai legislatif.

Edi Purwanto memaparkan berbagai produk-produk berupa peraturan daerah yang dibuat oleh DPRD Provinsi Jambi selama ini. Adapun pembentukan Perda ini sebagai bagian dari tujuan untuk mensejahterakan masyarakat Provinsi Jambi.

“Ada tiga fungsi DPRD yaitu sebagai fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan. Kita DPRD Provinsi Jambi ini juga banyak membuat produk-produk perda inisiatif DPRD seperti Perda Pancasila dan wawasan kebangsaan, Disabilitas, dan lain sebagainya,”ujarnya.

Edi Purwanto menyampaikan bahwa pembentukan Perda Pancasila dan Wawasan sebagai upaya diinisiasi DPRD karena dapat menjadi jawaban terhadap permasalahan gempuran berbagai Ideologi Transnasional yang ingin menggantikan ideologi Pancasila dan mengancam keutuhan kesatuan bangsa.

“Terkait dengan Perda Disabilitas, disini banyak yang kita atur tentang perlakuan kita terhadap teman-teman disabilitas, pelayanan publik harus punya kesepahaman yang sama terkait dengan hak-hak disabilitas, pelayanan yang ramah disabilitas termasuk kesempatan untuk teman-teman disabilitas bekerja,”ungkapnya.

“Selain itu, juga kita berikan tupoksi anggaran untuk bantuan-bantuan kepada penyandang disabilitas seperti pengadaan kursi roda, pengadaan kaki palsu untuk teman-teman disabilitas yang membutuhkan,”tambahnya.

Pada pembicaraan ini, Suraj Mungara mengapresiasi atas produk-produk Perda yang dibuat oleh DPRD Provinsi Jambi, termasuk atas perhatiannya kepada penyandang disabilitas.

Sementara itu, dipertemuan ini, Edi Purwanto juga menyampaikan terkait dengan pelaksanaan mandatory spanding di bidang pendidikan yang menjadi amanat dalam undang-undang.

“Lifeskill dari anak-anak ini kita dorong, sehingga mereka tidak hanya memiliki kemampuan teori, tetapi juga ada keahlian. Sehingga Pasca sekolah bisa berkompetisi dengan anak-anak dari tempat lain, karena tantangan saat ini tidak hanya bersaing secara lokal, bahkan sudah internasional,”paparnya.

Disisi lain, mandatory spanding dibidang kesehatan juga menjadi prioritas dalam penganggaran yang dilakukan oleh DPRD Provinsi Jambi.

No More Posts Available.

No more pages to load.