Sekda Sudirman Raih Gelar Doktor

oleh -11 Dilihat

Jambioke.com- Sekda Provinsi Jambi, Dr. Sudirman, SH, MH, akhirnya mampu mempertahankan disertasinya dengan judul _Aspek Kepemimpinan, Budaya Organisasi, dan Motivasi Pegawai serta Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pengelolaan Keuangan Daerah_ di Kampus IPDN Jakarta, Rabu, 6 Juni 2024.

Dr. Sudirman, SH, MH menjadi alumni IPDN *Program Doktoral Bidang Ilmu Pemerintahan ke 275 dengan IPK 3,64* predikat *Sangat Memuaskan*. Ia mampu membangun argumentasi dihadapan tim oponen ahli Prof. Dr. Hyronimus Rowa, Prof. Dr. Muh. Ilham, Prof. Dr. Mansur Achmad, Prof. Dr. Helmi, SH, MH, Dr. Rizari, MBA, dan Dr. Tri Raharjanto, MSi.

Disertasi Dr. Sudirman, SH, MH dibimbing langsung oleh Prof. Dr. Sadu Wasistiono, MS, Prof. Dr. Murtir Jeddawi, SH, MH, dan Dr. Megandaru, MSi. Disertasi dengan tiga variabel tersebut menggunakan metode kuantitatif untuk melihat kinerja pengelolaan keuangan daerah.

Dr. Sudirman, SH, MH menyimpulkan bahwa variabel kepemimpinan, budaya organisasi dan motivasi pegawai berpengaruh dalam mendongkrak kinerja pengelolaan keuangan daerah. Tanpa kepemimpinan yang kuat dengan sejumlah indikatornya, kinerja pengelolaan keuangan daerah tak mungkin meningkat.

Budaya organisasi dengan seperangkat indikatornya menentukan pula kinerja. Keduanya dapat mengungkit motivasi pegawai yang secara akumulatif mendorong kinerja pengelolaan keuangan daerah di Provinsi Jambi.

Kesimpulan teoritik dan praktis yang disampaikan Dr. Sudirman, SH, MH setidaknya menjadi rekomendasi bagi upaya mengevaluasi dan memperbaiki kinerja pengelolaan keuangan daerah di Provinsi Jambi.

Sebagai birokrat senior yang berpengalaman di daerah, Dr. Sudirman, SH, MH berharap rekomendasinya dapat menjadi pilihan kebijakan guna meningkatkan kinerja pengelolaan keuangan daerah. Semua upaya itu bergantung kembali pada kepemimpinan, budaya organisasi dan motivasi pegawai dilingkungan Provinsi Jambi.

Pada kesempatan ini juga Sekdaprov Jambi Dr H Sudirman SH,MH mengucapkan terima kasih dan dukungan dari Gubernur Jambi Dr H Al Haris SH MH dan Wagub Jambi Drs H Abdullah Sani MPd I serta semua pihak yg tidak dapat disebutkan satu persatu yg telah membantu sehingga memperoleh Gelar Doktor Bidang Ilmu Pemerintahan yg ke 275 di Kampus IPDN Cilandak Jakarta Selatan.

No More Posts Available.

No more pages to load.