Bakeuda Batanghari Tetapkan Target Pajak 2024 Sebesar Rp 216 Miliar Lebih 

oleh -8 Dilihat

Jambioke.com- Pada tahun 2024 ini, Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kabupaten Batanghari telah menetapkan target pajak daerah sebesar Rp.216,48 Miliar lebih. Akan tetapi, dari ratusan miliar tersebut, pada triwulan pertama baru terealisasi Rp.5 Miliar lebih.

Kepala Badan Keuangan Daerah Tesar Arlin melalui, Kepala Bidang Penagihan dan Administrasi Pendapatan Pajak dan Retribusi Daerah Bakeuda Batanghari M.Ghafara Liano di Muara Bulian, Selasa mengatakan tahun ini target pajak daerah di Kabupaten Batanghari ditetapkan sebesar Rp216 miliar. Hingga saat ini realisasi penerimaannya masih terus berprogres. “Pajak daerah yang baru teralisasi hingga bulan Maret ini sementara hanya sebesar Rp. 5 miliar,”katanya. Selasa (14/04/2024).

Untuk Perolehan pajak sebesar Rp216,4 miliar itu dari 10 obyek pajak daerah yaitu terdiri dari pajak hotel, Pajak Restoran, Pajak Hiburan, Pajak Reklame, Pajak Penerangan Jalan (PPJ), Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan, Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), PBB Pedesaan Perkotaan (P2), Pajak Air Tanah, dan Pajak Walet.

“Untuk realisasi pajak daerah sendiri, jika dilihat pada triwulan pertama, penyumbang retribusi terbesar berada pada pajak penerangan jalan yang mencapai Rp.3 miliar lebih, selanjutnya PBBP2 sebesar Rp.202 Juta lebih dan BPHTB-Pemindahan hak sebesar Rp.700 juta lebih,”Ungkapnya.

Sementara itu, pihaknya masih terus mengupayahkan agar pajak daerah tersebut mencapai target hingga akhir tahun 2024.

“Kita akan bekerja secara maksimal untuk mencapai target. Namun untuk mencapai realisasi dari target, kita perlu dukungan semua pihak, khususnya kesadaran para wajib pajak”ujarnya.

Liano menambahkan, untuk memudahkan para wajib pajak melakukan pembayaran pajaknya, pihak Bakeuda juga akan menerapkan pambayaran melalui QRIS, dan ini nantinya akan segera disosialisasikan ke daerah daerah di Batanghari.

“Harapan kita, pajak daerah terus dapat dicapai dan dana-dana tersebut akan dikembalikan lagi kepada masyarakat berupa pembangunan. Marilah kita taat membayar pajak dan ikut berpartisipasi dalam membangun Kabupaten Batanghari,”tutupnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.