Hj. Iin Kurniasih Tekankan Pentingnya Pencegahan Kekerasan di Dunia Pendidikan

oleh -20 Dilihat

Jambioke.com – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jambi melalui Bidang Pendidikan melaksanakan kegiatan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) bagi anggota Dharma Wanita Persatuan dengan tema

“Peran Dharma Wanita Persatuan Dalam Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan”. Kegiatan yang dibuka langsung oleh Ketua Wanita Persatuan Provinsi Jambi, Hj Iin Kurniasih Sudirman ini diselenggarakan di Aula DWP Provinsi Jambi, Kamis (13/06/2024), dengan menghadirkan narasumber Luthfi Wahyudi dari BPMP (Balai Penjamin Mutu Pendidikan) Provinsi Jambi.

Ditemui usai acara Ketua DWP Provinsi Jambi Hj. Iin Kurniasih menyatakan bahwa apa yang dilakukan oleh DWP Provinsi Jambi merupakan bentuk kepedulian terhadap bidang pendidikan.

“Hari ini DWP Provinsi Jambi bidang pendidikan melaksanakan kegiatan peningkatan kualitas SDM bagi anggota Dharma Wanita Persatuan dengan tema

“Peran Dharma Wanita Persatuan Dalam Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan”. Seperti yang disampaikan oleh narasumber kita bersama-sama melakukan pencegahan kekerasan didalam dunia pendidikan. Dan hari ini Dharma Wanita Persatuan berperan penting didalam memberikan pendidikan ini,” kata Hj. Iin Kurniasih.

Selain itu dirinya mengharapkan agar pertemuan rutin Dharma Wanita, tidak hanya menjadi ajang silahturahmi tetapi juga memberikan wawasan baru untuk menambah wawasan bagi anggota.

“Kami juga berdasarkan apa yang disampaikan saat disini bahwa Dharma Wanita sudah ada ruang konsultasi bagi mereka yang mengalami kekerasan dalam dunia pendidikan. Artinya kami juga menyebarkan bagi para ibu-ibu anggota Dharma Wanita Persatuan untuk selalu memberikan informasi dengan teman-teman, kepada Masyarakat, jika terjadi kekerasan kami telah menyediakan ruangan untuk berkonsultasi dan menjembatani jika ada yang mengalami hal tersebut,” ujarnya.

Hj. Iin Kurniasih juga menekankan pentingnya pendidikan ini terutama didalam rumah. “Artinya, pendidikan dari rumah itu penting sekali bagaimana peranan seorang ibu memberikan pendidikan dan perlindungan kepada keluarga terutama anak anak. Dan diharapkan apa yang disampaikan ini memberikan pengayaan terhadap ibu-ibu Dharma Wanita Provinsi untuk menyampaikan nanti juga apa yang didapat kepada masyarakat dan bagaimana ibu itu bisa berperan didunia pendidikan, didalam rumah, diluar rumah, informal atau formal untuk memberikan kebaikan dan meningkatkan indeks dari pendidikan di Provinsi Jambi untuk lebih berkualitas, “jelasnya.

Sementara itu Luthfi Wahyudi dari BPMP menyatakan bahwa dengan adanya peningkatan kekerasan didunia pendidikan mengharuskan semua pihak untuk terlibat dalam melakukan pencegahan.

“Kita semua berperan dalam mencegah terjadinya kekerasan dalam dunia pendidikan. Ini menjadi tugas kita semua untuk melakukan pencegahan. Harapannya pemerintah dan kita semua menjadi lebih awas dan berempati kepada siswanya,” ujar Lutfhi.

“Hal ini tujuannya agar anak-anak kita tidak mengalamj kekerasan, lebih berempati dengan terus mengajak anak-anak untuk berbicara. Untuk itu jika terjadi kekerasan segera laporkan kepada Satgas dan pihak yang berwenang yang ada, dimana Dharma Wanita juga mengambil peranan dan bersedia menfasilitasi jika terjadi terhadap anak-anak bunda,” tambahnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.