Tingkatkan Partisipasi dalam Pemilu, Bawaslu Batanghari Gelar Sosialisasi Forum Warga Pengawas Partisipatif Pemilu 2024

oleh -145 Dilihat

 

Jambioke.com- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Batanghari, Selasa (28/11/2023), menggelar sosialisasi forum warga pengawas Partisipatif pemilu serentak 2024. Acara tersebut digelar di halaman pondok pesantren Irsyadul ‘Ibad Desa Simpang Kubu Kandang kecamatan Pemayung Kabupaten Batanghari Jambi.

Sosialiasi ini bertujuan agar masyarakat lebih memahami tentang Pemilu. Selain itu juga, dengan adanya sosialisasi ini, bisa mengingatkan masyarakat terkait pesta Demokrasi pada tahun 2024 mendatang.

Ketua Bawaslu Kabupaten Batanghari Kaspun Nazir S,Hum,M Hum, dalam sambutannya mengatakan, tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan kepada masyarakat terkait pengawasan Pemilu secara partisipatif untuk mensukseskan Pemilihan Umum Tahun 2024 dan mengenalkan Lembaga Bawaslu kepada masyarakat.

“Saat ini, kita sudah ada di penghujung tahapan pesta demokrasi yang di namakan Pemilu. Kita sudah banyak melihat spanduk-spanduk yang ada di tempat umum. Dalam Pemilu ada lembaga – lembaga negara penyelenggara Pemilu diantaranya KPU, bertindak sebagai selayaknya Panitia dan ada Bawaslu, yang kurang lebih bertugas untuk memastikan tidak ada kecurangan dalam penyelenggaraan pemilu, ada juga lembaga DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu) yang mana DKPP adalah sebagai wasit dalam Pemilu,”kata Kaspun.

Bawaslu Kabupaten Batanghari berharap, semua elemen masyarakat, ormas dan lembaga – lembaga lain yang ada di kabupaten Batanghari agar ikut serta menjadi pengawas partisipatif. “Agar Pemilu 2024 nantinya berjalan lancar, mari sama-sama kita awasi. Bersama Bawaslu mari kita tegakkan keadilan Pemilu,”ujarnya.

Hadir pada kegiatan sosialisasi tersebut, Bupati Batanghari yang diwakili oleh Camat Pemayung, Komisioner Bawaslu Provinsi Jambi, Kapolres Batanghari, Kadis Kominfo Batanghari, Ormas, para Kades serta tamu undangan lainnya. “Tidak serta-merta pengawasan Pemilu dilakukan oleh Bawaslu. Disinilah tugas kita untuk membantu lembaga ini agar Pemilu berjalan lancar, aman, jujur dan adil,”kata Camat Pemayung M. Syaifuddin.(*)

No More Posts Available.

No more pages to load.