Jelang Lebaran, DPRD Batanghari Himbau Masyarakat Jaga Keamanan

oleh -10 Dilihat

Jambioke.com- Guna meningkatkan kewaspadaan terhadap keamanan lingkungan khususnya jelang hari raya Idul Fitri 1445 H mendatang, DPRD kabupaten Batanghari dalam hal ini disampaikan oleh Ketua DPRD Batanghari Anita Yasmin (28/3).

Dirinya mengatakan, agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap aksi kriminalitas yang akan merugikan. Salah satunya terkait adanya kemungkinan peredaran uang palsu.

Pada saat dimana kebutuhan masyarakat meningkat untuk keperluan lebaran, berbagai tindak kejahatan juga akan muncul, termasuk kemungkinan beredarnya uang palsu ini, dan masyarakat harus mewaspadai hal ini.

Anita Yasmin menegaskan, untuk mencegah terjadinya penipuan masyarakat harus menukarkan uang kepada lembaga yang resmi yakni ke bank.

Pihak Perbankan, imbuhnya, juga harus melakukan pengawasan terhadap hal ini. Sebagai lembaga resmi, bank mesti mengetahui lalu lintas peredaran keuangan, dengan demikian akan tercipta kenyamanan di tengah masyarakat. Jika ada hal yang mencurigakan ia juga meminta untuk dilakukan tindakan sesuai hukum yang berlaku.

Selain mengimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan atas kemungkinan beredarnya uang palsu Anita turut mengingatkan masyarakat untuk tidak menunjukkan kemewahan berlebihan selama berlebaran, sebab ini bisa memicu tindakan kriminal seperti perampokan.

Lebih lanjut dikatakannya, selama lebaran masyarakat agar menjaga ketertiban dan keamanan. Bagi yang meninggalkan rumah untuk pulang kampung, ia imbau agar memeriksa terlebih dahulu keamanan rumah seperti arus listrik, dan memastikan rumah terkunci dengan baik. Lebih baik lagi jika rumah yang ditinggalkan dititipkan pada tetangga yang tidak pulang kampung.

Ia mengatakan masyarakat perlu berjaga-jaga, agar tidak terjadi kebakaran dan kemalingan saat rumah ditinggal oleh pemilik. Bila perlu petugas ronda di siagakan siang dan malam untuk komplek-komplek perumahan.

No More Posts Available.

No more pages to load.