Dewan Batanghari Desak Pemkab Genjot Sektor Pertanian dan Perkebunan

oleh -14 Dilihat

Jambioke.com-  DPRD kabupaten Batanghari mendesak pemerintah daerah untuk mengenjot sektor pertanian, khususnya dalam memenuhi kebutuhan masyarakat kabupaten Batanghari.

“Pemerintah harus mengenjot sektor pertanian, terutama kebutuhan warga masyarakat Batanghari. Antara lain keperluan untuk konsumsi maupun kepentingan sarana upacara keagamaan,” kata Waka I DPRD Batanghari M Ja’afar (18/4/2024).

“Dinas pertanian dan dinas perkebunan harus mempunyai program andalan, seperti menyediakan bibit pisang unggul kepada petani. Dengan langkah tersebut petani akan bergairah untuk menggalakan penanaman sejuta pisang,” ujar politikus Golkar ini.

Dia mengatakan, kebutuhan pisang setiap hari terus meningkat, sedangkan petani di Batanghari sendiri belum mampu memenuhi, karena itu kebutuhan tersebut hampir semuanya didatangkan dari luar daerah.

“Selama ini kebutuhan pisang hampir semuanya didatangkan dari luar daerah, ironisnya petani di Batanghari tidak bisa menghasilkan untuk kebutuhan di daerah ini. Karena itu saya berharap kepada pemerintah memprogramkan bibit unggul pisang kepada petani,” ucapnya.

Jika pemerintah daerah memiliki program tersebut, kata Ja’afar, maka petani di pedesaan akan bergairah untuk menanam pisang. Karena buah pisang terlebih upacara ritual keagamaan sangat dibutuhkan saat membuat sesaji.

“Inilah alasan saya untuk mendorong pemerintah daerah untuk membuat program sektor pertanian, antara lain bibit pohon pisang,” katanya.

 

 

No More Posts Available.

No more pages to load.