DPRD Gelar Paripurna LKPJ Bupati Batanghari Tahun 2023

oleh -29 Dilihat

Jambioke.com- Bertempat di ruang aula utama Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Batanghari dilaksanakan Rapat Paripurna dalam rangka Penyampaian Nota Pengantar Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Batanghari tahun anggaran 2023, Selasa (19/3/2024).

Rapat paripurna ini dipimpin oleh Wakil Ketua I DPRD Batanghari, Muhammad Ja’far, SH didampingi Wakil Ketua II DPRD Batanghari, Ilhamudin beserta Sekwan, Muhammad Ali, SE.

Nota pengantar LKPJ Bupati Batanghari tahun 2023 ini disampaikan oleh Bupati dalam hal ini diwakilkan oleh Wakil Bupati Batanghari, H. Bakhtiar, SP.

Wakil Ketua I DPRD Batanghari, Muhammad Ja’far, SH dalam pidatonya mengatakan, bahwa agenda rapat paripurna DPRD Batanghari hari ini dalam rangka penyampaian nota pengantar LKPJ Bupati Batanghari tahun 2023.

Ja’far juga mengucapkan terima kasih kepada Wakil Bupati dan undangan yang hadir pada rapat paripurna DPRD ini.

Dalam penyampaiannya, Wabup Batanghari, H. Bakhtiar, SP mengatakan, bahwa penyampaian LKPJ kepala daerah Kabupaten Batanghari tahun anggaran 2023 ini disusun dengan mengacu pada peraturan daerah Nomor: 2 Tahun 2021 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Batanghari tahun 2021-2026, dan peraturan bupati Nomor: 42 Tahun 2023 tentang perubahan atas peraturan bupati Nomor: 40 Tahun 2022 tentang rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) Kabupaten Batanghari tahun anggaran 2023,” katanya.

Selanjutnya, kata Bakhtiar, bahwa kinerja pemerintah daerah pada tahun 2023 telah menunjukkan trend yang baik dan meningkat dibanding dari tahun sebelumnya. Terlebih semua ini merupakan wujud sinergi dan kolaborasi semua pihak, baik pemerintah daerah, forkopimda, dunia usaha, masyarakat serta para pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Batanghari.

Terkait pengelolaan keuangan daerah tahun 2023, kata Bakhtiar, dalam penyusunan APBD seluruh perangkat daerah telah menggunakan pendekatan yang disebut dengan penyusunan anggaran berbasis kinerja, yang mengharuskan semua perangkat daerah dalam menyusun anggaran, tidak hanya mengusulkan program dan kegiatan dalam rencana kerjanya. Namun juga harus dapat menetapkan indikator, tolak ukur dan target kinerja untuk setiap kegiatan yang diusulkan. Sehingga setiap kegiatan dapat diukur tingkat keberhasilannya,” beberapa Bakhtiar.

Saat itu Wabup Bakhtiar juga menyampaikan dari sisi pendapatan daerah secara keseluruhan realisasi pendapatan daerah Kabupaten Batanghari tahun anggaran 2023. Kemudian belanja daerah, hingga terkait pertumbuhan ekonomi Kabupaten Batanghari yang mengalami peningkatan.

Kemudian terkait dengan 36 program prioritas yang direncanakan, kata Bakhtiar, 34 program diantaranya telah dapat terlaksana. Sedangkan 2 program lagi, yaitu pembangunan islamic center dan sirkuit balap insyaallah atas seizin dan bantuan dan persetujuan DPRD Batanghari, kedua program tersebut akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2024 ini,” sebut Bakhtiar.(ADV)

No More Posts Available.

No more pages to load.