SKK Migas – Petrochina International Jabung LTD Lakukan Tajak Sumur Eksplorasi NEB BASEMENT-3

oleh -15 Dilihat

Jambioke.com, Jakarta – 18 Maret 2024. Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) PetroChina International Jabung LTD. yang berkontrak dengan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas bumi (SKK Migas) telah melakukan tajak sumur eksplorasi NEB BASEMENT-3 pada 16 Maret 2024. Upaya ini dilakukan dalam rangka pemenuhan komitmen kerja pasti (KKP), menemukan cadangan migas baru dan memenuhi kebutuhan energi nasional dengan dilaksanakannya pemboran di area blok Jabung.

Sumur NEB BASEMENT-3 terletak di Lapangan Northeast Betara, Sumatra Selatan. Sumur eksplorasi tersebut akan dibor dengan desain lubang miring/ berarah menggunakan Rig GW-265 (2000 HP) dengan rencana kedalaman akhir sumur di 10.431 ftMD. Pemboran eksplorasi ini dimaksudkan untuk menguji dan mengevaluasi potensi kandungan migas pada batuan dasar (basement) lapangan Northeast Betara. Setelah penyelesaian pemboran hingga kedalaman akhir, akan dilanjutkan dengan uji kandung lapisan & komplesi sumur.

Saat ini status operasi pemboran sumur NEB BASE-3 sedang melakukan pemboran lubang vertikal 17-1/2” sampai kedalaman 2400 ft MD. Program pemboran sumur NEB BASE-3 diperkirakan akan dilaksanakan hingga 50 hari ke depan

Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Hudi D. Suryodipuro menyampaikan kegiatan pemboran sumur eksplorasi yang dilakukan PetroChina selaras dengan upaya SKK Migas untuk mendorong investasi yang masif di sektor eksplorasi. Hal ini selaras dengan tema kegiatan hulu migas 2024 yaitu Boosting Investment for Massive Exploration and Future Growth in Indonesia Upstream Oil and Gas, dengan rencana investasi eksplorasi mencapai US$ 1,8 miliar atau meningkat 100% dibandingkan realisasi ditahun lalu.

Hudi menambahkan bahwa PetroChina International Jabung memiliki kontribusi yang besar dalam produksi minyak dan gas bumi, serta potensi wilayah kerja yang dioperasikannya masih memiliki potensi cadangan yang menjanjikan.

“Kami berharap kegiatan pemboran sumur eksplorasi berjalan dengan lancar dan mencapai target yang diharapkan. Dukungan para pemangku kepentingan di daerah untuk mendukung kelancaran kegiatan pemboran tersebut sangat kami harapkan, karena keberhasilan pemboran tersebut kedepannya juga akan meningkatkan manfaat bagi daerah dan masyarakat”, imbuhnya.

Secara terpisah, Vice President Business Support PetroChina International Jabung Ltd. Gusminar menyampaikan bahwa PetroChina dalam menjalankan operasinya akan selalu mengedepankan kesehatan dan keselamatan kerja. “Kami berterima kasih kepada SKK Migas atas dukungan penuh yang diberikan bagi seluruh kegiatan hulu migas yang kami laksanakan, termasuk pemboran sumur eksplorasi. Sebagai operator Wilayah Kerja Jabung, kami berkomitmen mewujudkan lingkungan kerja yang sehat, aman dan selamat bagi seluruh pekerja kami dalam upaya menjaga produksi Jabung dan menemukan cadangan-cadangan migas baru. Semoga berbagai kegiatan pemboran yang dilaksanakan PetroChina Jabung di tahun 2024 akan dapat berkontribusi terhadap pencapaian ketahanan energi nasional,” jelas Gusminar.

 

 

No More Posts Available.

No more pages to load.