Bupati Fadhil Arief Dapat Gelar Datuk Adipati Cahayo Negeri 

oleh -45 Dilihat
Pemkab Batanghari Halal Bihalal Bersama LAD se-kabupaten Batanghari 
Jambioke.com- Pemkab Batanghari pada Senin (6/5/2024) menggelar Halal Bihalal sekaligus silaturahmi bersama Lembaga Adat (LAD) se-kabupaten Batanghari. Acara digelar di serambi rumah dinas Bupati Batanghari.

Acara dihadiri langsung oleh Bupati Batanghari M Fadhil Arief, Wabup Bakhtiar serta Forkompinda Batanghari. Hadir juga ketua Lembaga Adat Batanghari Fathuddin Abdi serta sejumlah pengurus LAD se-kabupaten Batanghari.

Pada acara silaturahmi dan Halal Bihalal tersebut, Bupati Batang Hari Mhd Fadhil Arief dengan Gelar Adipati Cahayo Negri dan Wakil Bupati H. Bakhtiar dengan gelar Dirajo Penimbang Alur Patut.

Dalam acara tersebut Bupati Fadhil menyampaikan, Halal Bihalal ini bagian dari budaya sudah Tradisi bagian Adat Batang Hari berpedoman dengan Syari’ah yang ada bahwa wajib menjalin silaturahmi dengan aktifitas masing-masing.

“Sangat perlu dibuat acara melalui Halal Bihalal seperti ini, budaya yang baik ini yang perlu disuarakan melalui Lembaga Adat. Bagaimana Sinergitas antar kelompok masyarakat tetap terjalin untuk lebih mudah mengatasi masalah yang ada di Kabupaten Batang Hari,”kata Bupati Fadhil dalam sambutannya.

Bupati menambahkan, adat saat ini penuh tantangan, dimana kemajuan teknologi yang semakin pesat membuat adat jalan ditempat. “Banyak PR lembaga adat dalam menghadapi kemajuan teknologi. Ini merupakan tantangan besar. Saya berharap, LAD Batanghari harus mampu menghadapi hal ini,”harap Bupati.

Senada juga diungkapkan oleh Ketua Lembaga Adat Batanghari Fathuddin Abdi. Dikatakannya, dalam adab harusnya dipakai semua yang dilanggar adat. “Adat bersendi Syara’. Syara’ bersendi kitabullah. Namun, saat ini banyak pengurus adat yang memakai celana pendek. Hal seperti itu jangan lagi dilakukan,”tegas Fathuddin Abdi.(*)

No More Posts Available.

No more pages to load.