DPRD Batanghari Berharap Harga Sembako Tetap Stabil Jelang Idul Fitri 2024

oleh -30 Dilihat

Jambioke.com- Menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah mendatang, harga sejumlah bahan pokok di Kabupaten Batanghari terpantau tak selalu stabil. Beberapa komoditas mengalami penurunan, namun tak sedikit yang naik harga. Penyebabnya yakni banyaknya permintaan yang tak dibarengi dengan ketersediaan stoknya.

Melihat hal ini, Quswaini anggota DPRD Kabupaten Batanghari, (2/3/2024) mewanti-wanti Pemerintah Batanghari agar memastikan ketersediaan dan stabilitas harga pangan.

Menurutnya, ketersedian dan harga pangan merupakan dua hal yang saling berkaitan. Jika stok mencukupi, maka harga cenderung stabil, bahkan relatif mengalami penurunan

“Dan sebaliknya, apabila terjadi kelangkaan pangan atau ada masalah dalam rantai pasokan, maka harga akan naik,” kata Quswaini.

Ia menilai, peran Pemkab Batanghari sangat penting untuk melakukan intervensi. Sejumlah komoditas perlu diteliti, mana yang berpotensi terjadi kenaikan harga pangan menjelang Idul Fitri. Kemudian, dicari solusinya agar ketersediaannya berlimpah dan harga akan tetap stabil

Ia menyarankan Pemkab Batanghari bisa menerapkan kebijakan atau program kerja yang efektif untuk menjaga ketersediaan pangan. Sebab saat ini sudah terjadi kenaikan harga beberapa komoditas pangan.

“Di lapangan saat ini ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga. Meskipun kenaikan harga masih dikatakan stabil, tapi perlu ada penanganan khusus dari Pemerintah Kabupaten Batanghari,” ujarnya.

Sebut saja kenaikan harga bahan pokok pekan ini terjadi pada bawang merah, daging dan telur ayam broiller. Sementara harga naik-turun atau tak stabil terjadi pada beragam jenis cabai dan beras.

Ia pun mengapresiasi Pemkab Batanghari cukup intens melakukan monitoring dan pengawasan untuk mengecek kondisi harga di lapangan. Namun, Quswaini menyatakan DPRD mendorong Pemkab agar terus memperkuat kebijakan yang inovatif agar terus bisa menjaga ketersediaan dan stabilitas harga pangan.

No More Posts Available.

No more pages to load.